MEMAHAMI DAN MENGHARGAI
PERBEDAAN
Memahami
dan
Menghargai Perbedaan
Aku tahu bahwa orang-orang akan berkata, "Lihat, Afrika Amerika hanya bergaul dengan komunitas mereka. "Jadi, sebagai seorang
Amerika Afrika, aku selalu takut bahwa
ketika aku berjalan ke kelas,
orang tidak akan melihat
saya sebagai mahasiswa yang
serius...
Mahasiswi
Afrika-Amerika, 24 tahun
(Woodlief,
Thomas, & Orozco,
2003, hal. 83)
Konselor
dapat mulai mengembangkan pemahaman
tentang dampak potensial dari
status budaya minoritas
pada pengalaman psikologis klien mereka dengan memutar karya psikolog sosial
yang telah lama tertarik
untuk meneliti akar prasangka dan
efek diskriminasi, stereotip, dan rasisme terhadap
individu.
Kata
"prasangka" berasal dari bahasa
Latin kata prae, yang berarti sebelum dan judicium, berarti penilaian. Dengan
kata lain, prasangka terjadi,
misalnya, ketika seseorang memiliki
praduga sebelum adanya pengetahuan nyata dari
orang yang dikenal. Gordon Allport (1954)
mendefinisikan prasangka sebagai Sikap
negatif atau tidak suka berdasarkan hal-hal buruk dan tidak fleksibel.
Menurut
teori perbandingan sosial (Festinger, 1954),
orang cenderung membuat
penilaian tentang diri mereka sendiri dengan membandingkan diri untuk kelompok serupa dari orang,
atau "kelompok referensi." Jika perbandingannya itu positif, maka mereka merasa
lebih baik tentang diri mereka sendiri. "Prasangka" terjadi ketika seseorang
membawanya atau kelompok sendiri sebagai titik referensi
positif untuk menilai orang lain secara negatif. "Diskriminasi"
terjadi ketika tindakan yang terjadi karena mendukung satu kelompok dengan mengorbankan kelompok pembanding/kelompok lain. Sebagai
Contoh jika seseorang berpikir tentang seseorang atau etnis
kelompoknya sendiri atau kelompok referensi
utamanya. Sampai-sampai individu tersebut merasa bahwa dia telah berhasil, dibandingkan
dengan orang lain dalam referensi kelompoknya, dia atau harga
diri nya dapat meningkat. Namun, jika dia hakim
orang-orang dari kelompok lain dianggap tidak layak atau
tidak memadai dibandingkan dengan dirinya atau dengan kelompok etnisnya. Jika ia kemudian mengambil tindakan untuk mendukung dia atau kelompok etnisnya dengan mengorbankan kelompok lain, misalnya, untuk memakai undang-undang yang tidak memungkinkan anggota kelompok lain untuk dimilikinya sendiri, suaranya dalam pemilihan,
dan sebagainya, hal ini merupakan diskriminasi.
Salah
satu definisi "stereotip" (Ho, 1990) adalah deskripsi umum
dari sekelompok orang yang biasanya dikembangkan dari waktu ke waktu berdasarkan pada interaksi lintas
budaya. Dalam era media yang kaya
dari televisi, DVD,
dan CD yang dapat dengan mudah untuk
mengambil informasi dan mengekspos melalui media sebagai bagian yang benar dari interakasi lintas-budaya. Seseorang
yang belum pernah bertemu orang lain dari
latar belakang etnis tertentu mungkin
memiliki stereotip, yaitu,
memiliki pandangan yang terbatas atau Pandangan
kognitif tidak fleksibel (Abreu,
2001) mengenai budaya yang berdasarkan apa yang mereka telah mendengar, melihat, atau membaca, namun
tidak didasarkan pada interaksi pribadi yang nyata dengan orang lain dari etnis itu.
Stereotip dapat
berguna secara psikologis.
Mereka dapat membantu ingatan individu dengan menyediakan perangkat untuk memilah beberapa potongan informasi bersama-sama di bawah satu label. Hal ini tampaknya membantu seorang individu karena membuat dunia lebih
rumit, lebih dapat diprediksi, dan
sebagai hasilnya, lebih nyaman. Ketika
konselor melihat usia,
jenis kelamin, atau latar belakang etnis klien pada
formulir/data pribadi, mereka mungkin merasa lebih nyaman bertemu klien baru mereka karena mereka menggunakan informasi tersebut sebagai stereotip dalam mengingat semua pengalaman mereka sebelumnya dengan
orang-orang dari usia
yang setara, jenis kelamin, atau etnis. Namun, ada juga kelemahan stereotip. Jika seorang konselor menempatkan
terlalu banyak penekanan pada stereotip klien baru, konselor
mungkin menganggap bahwa ia sudah tahu banyak tentang orang tersebut dan mungkin
lalai mempertimbangkan cara-cara di mana klien tidak sesuai
dengan stereotip yang dipikirkan oleh konselor. Hal ini dapat menghasilkan penilaian yang salah dan
perencanaan pengobatan/konseling yang tidak sesuai.
Ada juga
efek negatif dari stereotip
klien sendiri.
Stereotip tersebut dapat berkontribusi terhadap peningkatan ketidakpercayaan
dan keengganan diri
mengungkapkan permasalahannya dengan
konselor yang berbeda dari dirinya sendiri, jika klien
telah memasukkan stereotip negatif
ke dalam dirinya atau gambaran dirinya sendiri, ini dapat menyebabkan rendah
diri dan optimisme yang terbatas
untuk berubah. Proses ini telah disebut "penindasan diinternalisasi" atau "diinternalisasi rasisme. "Menurut Jones (2000),
diinternalisasi rasisme terjadi ketika anggota kelompok
menerima stigma gambaran negatif tentang dirinya sendiri. Mereka mungkin menolak budaya
mereka sendiri dan menginginkan seperti orang
kulit "putih" dengan mengubah
tekstur rambut atau menggunakan krim pemutih. Sebagai contoh, dalam sebuah penelitian, anak-anak
Afrika Amerika menunjuk ke
gambar Putih, daripada anak Afrika Amerika ketika
ditanya apa yang dilihat dari
keduanya adalah lebih cantik atau lebih cerdas (dikutip dalam Pine & Hilliard,
1990). Salah satu interpretasi data bahwa anak-anak Afrika-Amerika memiliki diinternalisasi pesan sosial negatif
mereka karena telah terkena pada etnis mereka. Sebuah
interpretasi yang bersaing adalah
bahwa anak-anak merespons apa yang mereka mungkin telah dianggap menjadi sesuatu yang diinginkan
secara sosial atau dianggap cara "Benar" dan bahwa mereka tidak harus percaya pada stereotip negatif Afrika
Amerika.
Claude Steele telah mempelajari konsep "stereotip kerentanan,"
efek yang mungkin terjadi ketika seseorang mencoba untuk melakukannya dengan baik pada suasana di mana ia menyadari
bahwa orang lain dari latar belakang budaya yang sama memiliki kesulitan yang
dapat mengurangi dia atau penampilannya ("Who afirmatif," 1995; Watters,
1995). Stereotype kerentanan bekerja sebagai
beban tambahan pada orang tersebut untuk
tidak menerima stereotip negatif. Sampai saat ini, bukti untuk fenomena ini telah ditemukan dengan Afrika
Amerika yang telah diuji dengan pertanyaan
lisan melalui Graduate Record Exam (GRE) dan
wanita diuji dengan soal
matematika (Watters, 1995)
dalam Wanda (2006: 37).
A.
Rasisme
Salah satu
definisi "rasisme" membutuhkan dua komponen: pertama, asumsi bahwa sifat-sifat dan kemampuan secara biologis ditentukan oleh ras dan kedua, kepercayaan pada superioritas inheren dari satu ras dan
haknya untuk mendominasi ras lain (New Oxford
American Dictionary, 2005). Mengingat definisi ini, maka yang menggabungkan asumsi dan keyakinan berikutnya
itu adalah tidak mengherankan bahwa rasisme itu begitu umum. Asumsi bahwa kemampuan yang ditentukan secara biologis sangat kontroversial (lihat diskusi IQ dan budaya dalam Bab 4,
"Aspek Budaya Psychological Assessment"). Namun, bahkan konsep
ras itu sendiri sangat
dipertanyakan. Ras biasanya
terkait dengan ciri-ciri fisik, terutama warna kulit dan
jenis rambut (Ho, 1990) dalam Wanda (2007: 37), namun tidak ada
standar antropologi mengenai
ciri-ciri fisik dari definisi satu ras dengan ras yang lain. Memang dalam American Association of Physical
Anthropologists telah menegaskan bahwa ras tidak
sah secara konsep ilmiah, sebagai populasi genetik
homogen tidak ada dalam spesies manusia (Scott-Jones, 1995). Zuckerman
(1990) mencatat dalam jumlah yang besar variabilitas dalam satu ras dibandingkan
dengan tingkat variabilitas
antar ras ketika memeriksa ciri-ciri psikologis, mendukung gagasan bahwa kekhasan biologis
dari berbagai kelompok ras adalah ilusi belaka ketika
datang untuk memeriksa sifat-sifat
dan kemampuan. “Komponen utama dari
keragaman genetik antara individu dalam suku atau
bangsa yang sama "(Zuckerman,
1990, hal. 1300), karena hal ini telah menyumbang 84% dari total varians yang besar,
baik dilakukan, multikultural,
atau studi multinasional.
Judy
Katz (1978) dalam Lago (2006: 28),
dalam buku pegangannya sangat berguna
untuk pelatihan anti-rasisme, dan memberikan definisi berikut mengenai rasisme, yaitu:
1.
Keyakinan
seseorang mengenai ras-ras manusia
yang memiliki karakteristik khas yang
menentukan budaya masing-masing, biasanya melibatkan satu
gagasan yaitu bahwa rasnya sendiri lebih unggul dan
memiliki hak untuk memerintah terhadap
orang lain.
2.
Kebijakan
menegakkan hak menegaskan
seperti harapannya.
3.
Suatu sistem
pemerintahan dan berbasis masyarakat di atas segalanya.
(Random House Dictionary dari Bahasa Inggris 1967).
Untuk
definisi ini dapat ditambahkan:
4.
Melanggengkan
kepercayaan di dalam keutamaan ras kulit putih.
5.
Kekuatan penuh prasangka.
Definisi
terakhir yang digunakan di atas, meskipun mungkin tampaknya sederhana, memang mengandung formula yang mudah diakses untuk analisis isu dan peristiwa.
Jika satu hal
dilihat dari perspektif berprasangka dan memiliki
kekuatan untuk bertindak pada pandangan
tersebut, dan hasilnya akan
menjadi rasis.
Definisi
lain dari rasisme melibatkan treatmen negatif
yang dibenarkan dan dihasilkan dari
prasangka dan diskriminasi individu atau
institusi kebijakan dan prosedur (Pine & Hilliard,
1990). Definisi kedua ini termasuk "rasisme dilembagakan"
atau penggunaannya didirikan dengan
adanya hukum, adat istiadat, dan praktik atau norma-norma
yang menghasilkan ketidakadilan rasial (Baratz &
Baratz, 1970). Adanya
norma-norma yang membuat akses terhadap materi kondisi
dan yang paling penting, untuk posisi
kekuasaan (Jones, 2000; Niemann, 2001) dalam Wanda (2007: 38).
Rasisme
terlembaga dapat memanifestasikan
dirinya sebagai akses terhadap
informasi, yang menghasilkan daya yang lebih kecil atau kurangnya suara. Misalnya, sama-sama ingin mengakses ke pendidikan tinggi namun lebih sulit bagi siswa warna (berkulit hitam). Konselor sekolah mungkin
memiliki kecenderungan untuk memberikan nasihat atau melacak
etnis minoritas siswa yang ingin masuk
kekelas, bahwa mereka tidak kuliah namun kursus persiapan untuk
memasuki sekolah tinggi, yang kemudian
menghasilkan kerugian ketika mendaftar ke perguruan tinggi. Penggunaan esai ditulis
sebagai kriteria penerimaan perguruan
tinggi dapat mengakibatkan Amerika
Asia dengan nilai yang sama dan skor tes yang
kemudian akan diterima pada tingkat yang lebih rendah daripada
orang Amerika Eropa. Praktek menggunakan nilai tes standar sebagai kriteria seleksi untuk penerimaan pascasarjana (nilai masa lalu atau
faktor lain bisa menjadi prediktor yang lebih baik dari lulusan
Kinerja) bekerja melawan siswa dari berbagai kelompok etnis yang cenderung sebagai sebuah kelompok
dari skor yang lebih rendah baik pada
verbal, kuantitatif, atau kedua bagian dari
GRE. Kurangnya informasi
tentang kontribusi dari kelompok minoritas untuk sejarah Amerika Serikat di sekolah-sekolah adalah hal lain yang mencerminkan mendevaluasi dan pengucilan kelompok-kelompok tertentu.
Rasisme
terlembaga bisa sangat halus dan sulit untuk dideteksi karena hal itu dapat dilakukan dengan kedok kebiasaan, norma, kebijakan, atau
praktek-praktek yang legal tetapi
menghasilkan ketidakadilan. Sebagai contoh, menemukan sebuah pusat konseling di daerah yang tidak dapat diakses dengan transportasi umum,
tidak memiliki jam malam, tidak
ada skala biaya, dan
staf yang berbicara hanya menggunakan bahasa Inggris, hanya dapat
dengan mudah berkontribusi pada keragaman
etnis terbatas klien,
bahkan sebelumnya klien belum pernah bertemu seorang
konselor manapun. Perhatikan ada
yang dari praktek-praktek legal
mereka tidak mengecualikan
etnis kelompok tertentu, namun mereka
dapat menghasilkan penyediaan layanan adil bagi etnis klien minoritas.
Jones (2000) mengacu
pada rasisme terlembaga sebagai jenis yang paling
penting dari rasisme untuk mengatasi stigma kelompok
agar dapat mengatasi bentuk
rasisme terinternalisasi dan percaya diri.
"Rasisme
budaya" terjadi ketika satu kelompok budaya percaya
bahwa kelompok budaya lain lebih
rendah dalam beberapa cara dan
memiliki kekuatan untuk memaksakan
standar pada kelompok
lain. Ini memperluas definisi
rasisme yang tidak hanya sekedar etnis. Jika pria
percaya bahwa wanita terlalu
emosional atau rapuh untuk memegang
posisi tanggung jawab dan memiliki
kekuatan untuk membuat penilaian
tersebut maka tidak mempekerjakan perempuan untuk mengatur manajerial, maka dalam hal ini
rasisme budaya telah terjadi. Sebuah istilah yang lebih spesifik untuk bentuk rasisme budaya yaitu "Seksisme."
Ketika rasisme budaya
terjadi berdasarkan usia, itu bisa disebut "Ageism."
"Heterosexism" adalah rasisme budaya berdasarkan
orientasi seksual dan "ablism"
adalah rasisme budaya
berdasarkan cacat fisik. Semua
ini merupakan kelompok budaya adalah bahwa mereka mungkin mengalami diskriminasi berdasarkan aspek budaya mereka sendiri dan bahwa mereka tidak
bisa berubah sendiri. Lebih ringan,
namun tidak kurang berbahaya, versi rasisme budaya
adalah asumsi bahwa ada keunikan khusus untuk budaya
lain. Kegagalan untuk mengakui
perbedaan budaya dari kelompok disertai dengan kegagalan yang implisit untuk mengakui diskriminasi bahwa
kelompok mungkin juga akan mengalaminya.
Ini
mungkin sangat sulit bagi seseorang yang merupakan bagian dari budaya Mayoritas berkuasa
untuk mengakui dia merupakan rasisme
budayanya. Menurut psikolog, Leon Festinger
dalam Theory of Cognitive
Dissonance (1957), ketika seorang individu dihadapkan dengan perbedaan antara
dia atau sikapnya maka akan
mengakui dan dia
atau perilaku yang sebenarnya, ini akan menciptakan Negara menjadi tidak nyaman/disequilibrium atau "disonansi kognitif" yang dapat diatasi dengan rasionalisasi atau membenarkan
perilaku menyimpang. Orang kulit putih yang tidak
percaya orang lain harus
diperlakukan tidak adil dan yang
juga menerima manfaat atau hak istimewa dalam
masyarakat yang mendiskriminasikan terhadap etnis minoritas dapat merasionalisasi disonansi kognitifnya
dan ia akan mengalami dengan menyangkal
dirinya atau partisipasinya dalam
sistem rasis dengan
tidak memahami kepada dirinya
sendiri sebagai "White"
(kulit putih) atau mengidentifikasi dengan
kelompok etnis. Sayangnya, penolakan ini etnisitasnya
sendiri bisa dengan sendirinya menghasilkan kebingungan identitas, ketidaknyamanan,
dan tidak sadar mengabadikan rasisme. Jika seseorang dari etnis Amerika
Eropa tidak Putih, atau Eropa, atau
Inggris, dan sebagainya, lalu apa dia dan
dengan siapa ia dapat
mengidentifikasi? Dan mengapa
orang lain begitu terlalu terfokus pada etnis mereka?
Konselor
dilatih untuk bekerja secara sensitif, terampil dan secara
teoritis mengenai informasi cara
menangani pada individu yang mencari
bantuan. Proses pekerjaan mereka
adalah tergantung pada kualitas hubungan yang berkembang antara mereka (konselor) dan klien mereka. Fokus utama mereka adalah
pada individu dan patologi serta kesulitannya.
Hal
terburuk dari konselor yang
terlalu terkonsentrasi fokusnya pada patologi
individu mungkin akan menghalanginya
dalam pemahaman yang penting dari dunia klien,
pemahaman yang bisa diterapkan berguna dalam
pertemuan konseling. Kami sebelumnya telah menegaskan bahwa:
·
Untuk memahami hubungan antara orang kulit hitam dan putih
saat ini, adalah adanya pengetahuan
tentang sejarah antara perbedaan ras kelompok diperlukan
tersebut.
·
Konselor juga memerlukan pemahaman
tentang bagaimana masyarakat kontemporer
bekerja dalam kaitannya dengan ras, pelaksanaan kekuasaan,
efek diskriminasi, stereotip, bagaimana ideologi sabotase kebijakan dan sebagainya. Singkatnya, konselor memerlukan kesadaran struktural masyarakat.
efek diskriminasi, stereotip, bagaimana ideologi sabotase kebijakan dan sebagainya. Singkatnya, konselor memerlukan kesadaran struktural masyarakat.
·
Konselor memerlukan kesadaran pribadi dari mana mereka berdiri dalam
kaitannya dengan isu-isu ini.
kaitannya dengan isu-isu ini.
(Lago dan Thompson 1989a:
207) dalam Lago (2006:24).
B.
Hambatan dalam Konseling
Dari
penggunaan pertama kalinya yaitu
dengan kata “budak” selama
kolonisasi awal Amerika
Utara di tahun 1600-an melalui pertempuran hukum
modern atas penggunaan afirmatif
tindakan dalam pengaturan pendidikan dan pekerjaan, keyakinan rasis telah mendarah
daging dalam masyarakat AS.
Psikolog Amerika, sebagai bagian dari masyarakat
itu, telah sangat terpengaruh,
baik secara sadar atau tidak sadar,
oleh rasisme dan, melalui mereka, bidang psikologi pada umumnya. Beberapa telah menarik contoh ini
telah didokumentasikan oleh Leon Kamin dalam bukunya
The Science and Politics of I.Q. (1974). Tiga
psikolog terkemuka, Lewis Terman dari Stanford University,
Henry Goddard dari
Vineland Sekolah pelatihan,
dan Robert Yerkes
di Harvard, yang bertanggung jawab untuk
mengembangkan Army Alpha and Beta group intelligence tests.
Terman dan Yerkes
menjabat sebagai presiden American Psychological Association
pada satu waktu. Sama seperti ketiga orang juga merupakan anggota masyarakat dan organisasi, seperti Eugenics Research Association dan Galton Society, yang ditafsirkan
data ilmiah untuk mempromosikan keyakinan politik dalam inferioritas genetik pada beberapa ras. Organisasi-organisasi ini
didukung praktek-praktek seperti sterilisasi tahanan dan
kesejahteraan manusia dan membatasi terjadinya imigrasi oleh orang yang menjadi anggota kelompok etnis yang dianggap
intelektual rendah.
Ini
pekerjaan psikolog yang membantu pada sebagian dari 1.917 undang-undang imigrasi yang sangat
membatasi jumlah imigran dari
negara-negara Eropa Selatan. Sebagai contoh, Goddard, seperti yang dijelaskan dalam The Sains and Politic of IQ,
diuji imigran di
Ellis Island dan menemukan
bahwa 83% dari orang-orang Yahudi, 80% dari Hongaria, 79% dari
orang Italia, dan 87% dari Rusia yang terbelakang mental.
Psikolog yang merupakan bagian dari
gerakan untuk mempromosikan pengujian kemampuan mental "penekanan pada Congress scientific I.Q. data
menunjukkan bahwa 'New Imigration' (imigran
baru) dari Eropa Tenggara
memiliki genetik rendah.
Kontribusi yang secara
permanenyang dapat mengubah masyarakat
Amerika." (Kamin, 1974, hal. 12)
dalam Wanda (2007: 40). Isu bias budaya dalam pengujian (dibahas
dalam Bab 4), seperti kurangnya keakraban dengan bahasa yang tesnya diberikan
atau kurangnya kenyamanan dengan pengawas tes, hal itu diabaikan. Psikolog lain
mencatat dari era
Carl Brigham, dihitung
dengan perkembangan Scholastic Aptitude Test (SAT),
yang menafsirkan hubungan antara lamanya waktu berada di Amerika Serikat dengan skor I.Q. lebih tinggi sebagai hal yang mendukung intelektual superioritas
ras Nordik, yang
berimigrasi sebelumnya, daripada
pengaruh akulturasi.
Ponterotto
dan Pedersen (1993)
mencakup keseluruhan yang dikembangkan
oleh Ridley (1989: 61) dalam Lago (2006: 29) menunjukkan 'varietas rasisme dalam konseling'. Ridley menawarkan contoh mulai dari terang-terangan (sengaja)
dan rahasia (disengaja
dan tidak disengaja) rasisme pada kedua
individu dan pengaturan konseling kelembagaan.
Salah
satu daftar sebagai rasis disengaja
dan terbuka bertindak terhadap individu contoh dari
terapis yang percaya bahwa kelompok
ras/etnis minoritas dalam
beberapa cara rendah, menolak
untuk melihat mereka sebagai
klien. Demikian pula, sebuah lembaga konseling secara terbuka menolak akses ke pelayanan kepada ras/etnis klien yang minoritas akan
bersalah (terang-terangan) rasisme institusional. Pada
tingkat rahasia rasisme kelembagaan, Ridley menawarkan
contoh agen konseling sengaja menetapkan biaya
terlalu tinggi untuk sebagian besar pada
etnis minoritas dan keluarga menengah,
sehingga secara efektif tidak termasuk mereka
untuk diberikan terapi.
Sebagai
contoh dari kelembagaan
rasisme tidak disengaja di mana akan mempekerjakan agen tes psikologi standar
tanpa mempertimbangkan validitas mereka dalam kaitannya dengan budaya yang
beragam dari klien. Setara
dengan Inggris praktek ini mungkin termasuk penggunaan
kuesioner yang dipekerjakan oleh beberapa lembaga untuk menilai tingkat tekanan psikologis klien setelah masuk ke layanan tersebut. Kuesioner tersebut mungkin
tidak diuji untuk
penerapan dengan kelompok
klien yang berbeda.
Konselor
beresiko besar untuk berperilaku dengan cara rasis tanpa menyadarinya. Masalah
ini pertama kali dijelaskan oleh Wrenn
(1962) sebagai “culturally encapsulated counselor” (budaya yang dikemas oleh konselor). Ini mengikuti dari Wrenn
hal ini merupakan konsep kenabian
dimana adanya permohonan konselor
terbuka untuk berubah, bahwa konselor begitu
benar-benar asyik dengan pendekatan tradisional dan sikap pelatihan konselor Barat
bahwa mereka tidak memiliki kesadaran
dan bahwa perbedaan budaya mungkin
penting dalam konseling proses. Lembaga milik konselor
dikemas dengan hal tersebut hal ini akan
memiliki rasa bangga pada gagasannya bahwa mereka memperlakukan semua klien mereka sama dan
bahwa mereka adalah "buta
warna." Mereka mungkin menegaskan
warna tidak ada bedanya sama sekali dalam penilaian mereka, tujuan, perencanaan
perawatan, komunikasi klien, atau
pilihan keterampilan konseling. Konselor mengasumsikan
bahwa modifikasi budaya tidak diperlukan atau tidak
mau atau tidak dibuat untuk mereka. Dalam prakteknya, kegagalan untuk mengakui atau menghargai perbedaan
mungkin bukan berkomunikasi atau tidak menghormati latar belakang budaya
klien dan menyebabkan tidak pantas atau tidak efektif dalam
melakukan tratmen. Satu studi kualitatif menemukan bahwa pengakuan perbedaan ras adalah strategi kunci untuk secara efektif dalam pengolahan perbedaan rasial dalam proses hubungan konseling (Hernandez Morales,
2005). Konselor mungkin
akan terkejut jika klien yang
secara budaya berbeda dari diri mereka sendiri keluar dari konseling dan atribut
mereka mungkin kurangnya
kemajuan sebagai akibat resistensi atau ketidaksiapan klien sebagai lawan ketidaksesuaian
antara pengetahuan dan keterampilan
dan apa yang sebenarnya menjadi kebutuhan klien.
Ridley
(1989, 2005) terdapat
tujuh pengaruh rasisme yang mempengaruhi kualitas konseling, yaitu:
(a) buta warna
(b) "Kesadaran warna" untuk melibatkan/menghubungkan
semua masalah klien
padanya atau latar belakang budayanya.
(c) “Transferensi budaya" mengacu pada reaksi klien untuk konselor
yang muncul dari latar belakang budaya
terapis sendiri.
(d) "Kontratransferensi
budaya" mengacu pada reaksi konselor terhadap klien
berdasarkan pengalaman masa lalu konselor dengan
orang lain dari latar belakang
budaya yang sama dengan klien.
(e) "Ambivalensi Budaya" adalah terkait dengan konselor paternalisme, “The Great White Father Syndrome” (Vontress, 1981).
(f) "Pseudotransference"
melibatkan label reaksi
defensif klien pada perilaku rasis oleh
konselor sebagai patologi.
(g) Konselor
mungkin salah menafsirkan dalam menjaga
rahasia klien sebagai perilaku
paranoid, bukan dari skeptisisme budaya sehat.
Karakteristik
ini adalah indikasi dari rasisme yang tidak
disengaja terselubung di pihak
konselor. Ridley menegaskan
bahwa rasisme tidak disengaja adalah bentuk paling berbahaya dari rasisme karena orang
tidak menyadari hal itu.
Dari
perspektif lain pada hambatan budaya dalam konseling, Sue dan Sue (2003) dalam Wanda (2007: 41) mengelompokkan
aspek umum dalam konseling,
yang dikembangkan dari perspektif Eropa,
ke dalam tiga kategori utama yang perlu
konselor untuk dipertimbangkan, yaitu:
1)
Nilai-nilai
budaya yang terikat termasuk fokus pada
individu; menghargai ekspresi
klien terhadap konselor;
keterbukaan; searah, pendekatan sebab-akibat; dan dikotomi pikiran
dan tubuh.
2)
Nilai kelas-terikat, termasuk kepatuhan jadwal/waktu, tidak terstruktur, eksplorasi pemecahan masalah, dan tujuan
jangka panjang. Perbedaan kelas sosial mempengaruhi banyak aspek klien dalam hidup, termasuk
pola makan, disiplin, dan cara
pengasuhan anak (Havinghurst & Neugarten, 1968)
serta bagaimana konselor dapat bereaksi terhadap klien (Lorion, 1974).
3)
Variabel
bahasa, termasuk ketergantungan
pada bahasa Inggris standar dan keterampilan komunikasi verbal. nilai-nilai dan gaya komunikasi berbeda antara berbagai kelompok etnis di Amerika Serikat dan, dalam konteks konseling multikultural, banyak aspek-aspek
tersebut dapat datang ke kontras yang tajam.
C.
Mengembangkan Kesadaran Budaya
Semua
konseling lintas budaya (Arredondo, 1999; Sue,
Arredondo, & Mcdavis,
1992a) konseling tidak
terjadi dalam ruang hampa, hubungan
yang muncul antara konselor dan klien adalah
refleksi dari yang lebih besar nilai-nilai
dalam masyarakat. Pandangan dunia
masing-masing peserta dalam proses konseling dibentuk
oleh realitas sosial politik
dan sejarah Amerika Serikat saat ini.
Mengakui pengalaman rasisme dan diskriminasi serta keadaan hak
istimewa dan kekuasaan dalam hubungan
konseling yang dianggap penting untuk prosesnya. Untuk konselor, awal
dan tugas yang sedang berlangsung yaitu dengan memeriksa asumsi seseorang, nilai-nilai, dan bias yang terjadi (Ivey & Ivey, 2007;
Pengra, 2000; Sue
& Sue, 2003)
dalam Wanda (2007: 42).
Pemahaman
rasisme adalah langkah pertama yang harus dilakukan oleh konselor dalam mengembangkan kesadaran
budaya. Hal ini melibatkan pertama
mengakui prevalensi rasisme budaya di
Amerika Serikat dan kemudian
mulai untuk memahami prasangka sendiri terhadap
orang-orang yang berada di beberapa
cara budaya yang
berbeda. Wilkins (1995) menegaskan bahwa, “Denial of racism
is much like the denials that accompany addictions to
alcohol, drugs or gambling”
"Penolakan terhadap rasisme
jauh seperti penolakan yang menyertai kecanduan alkohol, obat-obatan atau perjudian "(hal.
412). Maka yang harus dilakukan yaitu:
Langkah pertama,
menembus penolakan, ini adalah proses emosional
serta kognitif dan
sering difasilitasi oleh latihan
pengalaman untuk meningkatkan kesadaran
diri. Beberapa latihan seperti
tercakup dalam bab ini untuk memberikan contoh yang harus dipilih. Beberapa buku panduan yang tersedia adalah koleksi
latihan penyadaran multikultural (California Besok, 2004;
Ho, 1990; Katz,
1989; McGrath &
Axelson, 1993).
Ketika
konselor berhadapan dengan rasisme budaya
mereka sendiri, mungkin menjadi pengalaman yang sangat mengganggu.
Kebanyakan orang tidak sengaja mendiskriminasi terhadap orang lain. Perasaan marah, rasa bersalah, sedih,
|
|
atau
kebingungan tentang
partisipasi pribadi dalam rasisme
budaya mungkin untuk
sementara menjadi luar biasa. Namun,
perasaan ini adalah tanda positif dalam banyak hal. Pertama, mereka merupakan indikasi bahwa konselor tidak dalam penolakan dari efek rasisme budaya,
bahwa dia atau lingkungannya
termasuk dia atau seluruh dirinya, serta terjadi
perubahan emosional kognitif. Kedua,
konselor mungkin dapat menggunakannya sendiri perasaan
sebagai sumber empati baru atau diperbaharui untuk
klien. Ketiga, efek rasisme budaya, idealnya,
yang dialami oleh konselor
|
|||
|
lebih
terkontrol dalam pengaturannya,
seperti lokakarya, kelas, atau sesi
pelatihan,
interaksi di luar konseling, memastikan bahwa klien tidak terbebani dengan harus berurusan dengan perasaan konselor.
interaksi di luar konseling, memastikan bahwa klien tidak terbebani dengan harus berurusan dengan perasaan konselor.
Langkah kedua
dalam mengembangkan kesadaran budaya
adalah ketika konselor mulai meningkatkan kualitas dirinya atau
penghargaannya terhadap perbedaan budaya.
Allport (1954) berpendapat
bahwa kontak dengan anggota kelompok minoritas yang menghasilkan
peningkatan pengetahuan dan pemahaman
menyebabkan lebih banyak ketepatan dan
keyakinan yang stabil tentang
kelompok minoritas dan akhirnya mengurangi prasangka. Seorang
konselor dapat mencari
orang-orang dan pengalaman dalam
dirinya atau kehidupan pribadinya
yang dapat meningkatkannya untuk
memahami budaya lain. Arredondo (1999)
merekomendasikan bahwa konselor dapat
menjadi peserta luar dan aktif dalam
pengaturan konseling untuk memperluas perspektif kaum minoritas. Ini bisa melibatkan seluruh spektrum perilaku, seperti pergi menonton film dan makan restoran, menjadi bagian dari acara komunitas
dan perayaan, membaca novel,
meningkatkan, dan mengembangkan persahabatan
baru. Ini adalah masa perubahan
pribadi dan eksplorasi untuk konselor dan
treatmentnya yang harus mengambil
pemahaman bahwa konselor tidak
membawanya, dan ini baru terbangun ke dalam dirinya atau konselingnya pada sesi sebagai masalah kontra transferensi. Klien dari budaya berbeda dalam konseling adalah
individu untuk menerima bantuan, bukan
untuk menambah pengetahuan dan
pengalaman konselor. Lebih
tepat saat ini adalah konselor untuk mencari profesional
kegiatan pembangunan, kursus, dan lokakarya yang berfokus pada budaya, dan untuk
berkonsultasi dengan rekan pada
latar belakang budaya yang berbeda untuk
stimulasi profesionalnya. Sebuah tanda
dari seorang konselor yang
menyenangkan dengan tingkat kesadaran budaya adalah bahwa pengalaman multikultural disambut sebagai
lawan yang dipaksakan atau hanya
ditoleransi. Ini berarti bahwa konselor di tahap ini
dapat menerima pandangan dunia lain yang sah, bahkan ketika tidak berhubungan dengan
pandangan dunia tertentu.
D.
Konseling untuk Klien Tanpa Diskriminasi
Klien
yang menjadi sadar bahwa
mereka telah mengalami diskriminasi
rasial, pelecehan seksual, atau
rasisme budaya dalam
bentuk lain yang mungkin telah
disebut mereka akan mencari bantuan dari seorang konselor. Diskriminasi memiliki banyak
efek pada individu. Klien mungkin mengalami perasaan tidak berdaya
atau kemarahan. Pelecehan seksual
adalah salah satu contoh diskriminasi
dan karena merupakan penyalahgunaan kekuasaan dan memalukan,
korban mungkin cenderung tidak melaporkannya (Hamilton, Alagna, Raja, &
Lloyd, 1987). Mungkin
hal yang sama berlaku untuk bentuk-bentuk
diskriminasi. Koss (1985) melaporkan bahwa korban sering tidak menganggap diri mereka sebagai korban. Mereka mungkin
tidak ingin untuk mengakui hilangnya
kontrol dan harga diri, dan pengalaman
negatif lainnya, dan mereka tidak
mungkin ingin membandingkan diri dengan orang lain pada stigma individu (Taylor, Kayu,
& Lichtman, 1983).
Rekomendasi untuk mengobati korban diskriminasi mungkin umum dari orang-orang untuk
mengobati wanita yang telah
mengalami korban pelecahan seksual, yaitu menurut Koss (1990) dalam (Wanda, 2007: 46):
1.
Validasi
perasaan korban.
2.
Memberikan
informasi. Diskriminasi mungkin sering diberikan
saat ini pada
norma masyarakat Amerika dan distribusi kekuasaan.
norma masyarakat Amerika dan distribusi kekuasaan.
3.
Ekspresi
kemarahan yang aman.
4.
Memantau
efek diskriminasi, termasuk pola penyesuaian yang salah dengan korban atau dampak
pada keluarga korban.
5.
Menyediakan
tempat untuk meratapi kerugian (misalnya, kehilangan kepercayaan dalam dunia yang adil), membangun keyakinan
baru, dan mengembangkan sistem pendukung.
6.
Penawaran
harapan. Mengajukan keluhan dengan lembaga yang
bersangkutan atau biro yang akhirnya
mungkin memiliki efek yang menguntungkan.
Konselor tidak perlu menekan untuk keadilan
hukum, tetapi menawarkan pilihan,
termasuk solusi hukum, membantu memberdayakan korban.
Bahkan
jika klien tidak menyadari bahwa ia telah mengalami diskriminasi, hasilnya dapat memiliki dampak psikologis yang besar. Boden (1992) mencatat,
dalam bekerja dengan lesbian atau
orang cacat, bahwa "Ketika perbedaan dialami sebagai cacat, itu menghasilkan rasa malu, membenci diri sendiri, dan takut untuk dieksposur. Perasaan berdasarkan rasa malu ini menjadi tema
sentral dalam warna organisasi
diri "(hal. 158). Dia menegaskan
bahwa sangat penting untuk konselor untuk menyambut dan memahami perbedaan agar
sebagai bahan untuk diungkapkan melalui bekerja,
yang menyebabkan peningkatan harga diri. Pertimbangan ini mungkin relevan untuk setiap klien yang mengalami perbedaan dari sumber manapun, di antaranya etnis,
jenis kelamin, orientasi seksual, usia,
atau kecacatan.
Dengan
demikian, untuk mengembangkan
diri sebagai konselor budaya yang
terampil (Abreu, 2001;
Arredondo & Arciniega,
2001) dalam Wanda, 2007: 46), maka:
1)
Seseorang
harus aktif merangkul dan berakhir dalam proses untuk menjadi sadar akan asumsi seseorang tentang perilaku manusia, nilai-nilai, dan bias sebagai cara untuk
memahami bagaimana pandangan
kami untuk memiliki sesuatu hal
yang telah dibentuk oleh kekuatan-kekuatan
sosial, budaya, dan politik.
2)
Budaya
konselor yang terampil aktif mencoba untuk memahami
pandangan dunia dari budaya klien yang
berbeda dengan rasa hormat dan
penghargaan, menyadari legitimasi sudut pandang tersebut.
3)
Konselor
budaya terampil aktif
terlibat dalam proses konseling yang menggabungkan intervensi strategi yang
relevan dan sensitif terhadap
tujuan, pengalaman hidup, dan nilai-nilai budaya klien
mereka (Sue & Sue, 2003).
Kasus Vignette
Tenisha adalah seorang wanita heteroseksual Afrika Amerika berumur 22 tahun yang memilih
untuk mendatangi ke konseling setelah
semester pertama di
perguruan tinggi ketika dia gagal
dalam kelas sejarah. Dia mengalami kesedihan, frustrasi,
dan kemarahan tentang kegagalannya dikelas. Pertanyaan
Tenisha apakah perguruan
tinggi ini benar-benar untuknya?. Dia sangat marah karena pada
usia dini, ia belajar bahwa
ia harus bekerja keras untuk mendapatkan nilai bagus. Setelah belajar keras dalam
hal ini tentu saja, dia tidak bisa mempelajari materi cukup baik untuk mencetak tujuannya lewat nilai. Dia
memiliki waktu yang sulit berhubungan
dengan profesor sejarah, laki-laki
putih berusia 50-an mengenakan setelan sempurna
dan dasi, yang teratur mengajar di podium.
Tenisha adalah Anak tunggal, dari
kelas pekerja dan orang tua Tenisha mengirimnya ke elementary dan secondary Catholic schools.
Seringkali dia satu-satunya orang
Hitam di kelas, dia merasa seolah-olah orang, terutama guru, menanyainya dengan
sikap "Apa yang Anda lakukan di sini? "Misalnya,
satu waktu ketika dia akhirnya menemukan cukup kekuatan untuk mengajukan pertanyaan di kelas sejarah, dia merasa
seolah-olah profesor hampir tidak
mengakui pertanyaannya. Namun,
mengetahui bahwa orang tuanya memiliki dan mengorbankan banyak untuk memberikan pendidikan yang berkualitas,
Tenisha telah mencoba untuk mengabaikan fakta bahwa dia tidak selalu merasa
diterima di kelas. Namun setelah
gagal kelas, bagaimanapun dia
telah menempatkan dirinya di semua waktu yang rendah dan dia serius mempertanyakan
mengapa dia di perguruan tinggi ini.
DAFTAR PUSTAKA
Wanda M. L. Lee,
John A. Blando, Nathalie D. Mizelle, Graciela L. Orozco (2007). Introduction to Multicultural Counseling for
Helping Professionals. New York: Routledge Taylor & Francis Group
Colin Lago.
(2006). Race, Culture and Counselling.
England: McGraw-Hill House.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar